Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Mobil Masih Berat karena Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 22 Juni 2020 - 22:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil secara utuh (Completely Built Up/CBU) periode Januari - Mei 2020 tercatat sebesar 95.387 unit.

Angka ini menurun 19,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 119.125 unit. Penurunan ekspor mobil ini dipicu oleh pandemi virus corona baru (Covid-19) yang melanda sejumlah negara tujuan ekspor.

Sejumlah pabrik otomotif juga ditutup sementara saat pelaksanaak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 sepanjang Mei lalu. Pabrik-pabrik otomotif yang sempat ditutup itu kini sudah beroperasi kembali.

Pabrik Toyota, misalnya, sudah kembali beroperasi sejak awal Juni 2020. Pabrik ini digunakan untuk merakit model-model Toyota, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Pabrik Toyota di Indonesia sempat ditutup sementara seiring dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meredam penyebaran virus corona baru (Covid-19).

“Pabrik sudah beroperasi awal Juni lalu mulai dari persiapan produksi dan sekarang beroperasi tapi masih di bawah 50 persen dari kapasitas normal,” kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kepada Tempo, Senin, 22 Juni 2020.

Rendahnya produksi tersebut disebabkan oleh demand yang menurun seiring dengan wabah virus corona dalam tiga bulan terakhir di seluruh Indonesia. Untuk ekspor, Toyota melakukan pengiriman unit ke sejumlah negara.

“Tapi ke depan masih akan berat karena kondisi ekonomi dan pasar di negara tujuan (ekspor) belum pulih. Logistik juga masih terbatas sekali,” ujarnya.

Periode Januari-Mei 2020, Toyota Indonesia melakukan ekspor sebanyak 58.054 unit. Dari angka itu, 25.761 unit diproduksi di pabrik Toyota dan 32.293 unit diproduksi di pabrik Daihatsu. Adapun pabrik Toyota untuk ekspor memproduksi Toyota Fortuner, Toyota Vios, Toyota Yaris, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Sienta.

Sedangkan brand Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu terdiri Wigo, Avanza, Town Ace, Lite Ace, dan Rush. All New Honda Brio ekspor perdana ke Filipina, Rabu, 10 April 2019.

Berita Terbaru