DPRD Seruyan: Perlu Dukungan Sarana Irigasi untuk Keberhasilan Pertanian

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 23 Juni 2020 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang- Untuk mewujudkan keberhasilan pertanian khususnya tanaman padi di wilayah Kabupaten Seruyan maka diperlukan adanya dukungan sarana jaringan irigasi yang baik.

Pesan ini disampaikan Anggota DPRD Seruyan, Masfuatun. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui instansi terkait harus melakukan upaya pemeliharaan serta perbaikan sarana irigasi atau pengairan.

“Perbaikan dan pemeliharaan irigasi di wilayah yang menjadi sentra pertanian wajib dilakukan secara berkesinambungan ini dalam upaya mendukung pengembangan sektor pertanian,” kata nya, Selasa, 23 Juni 2020.

Pengembangan sektor pertanian, khususnya tanaman padi yang saat ini banyak dilakukan petani di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir perlu dukungan sarana dan prasarana penunjang sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal.

“Kami mendorong agar dukungan sarana irigasiterus diperhatikan oleh pemerintah, sehingga petani kita tidak kesulitan dalam pengembangan lahan persawahannya,” ujarnya.

Ia menyarankan jika memang di sekitar pengembangan lahan persawahan milik para petani masih terkendala jaringan irigasi, maka  harus dibuatkan saluran irigrasi, termasuk melakukan perbaikan jika saliran yang ada mengalami kerusakan.

“Tidak kalah penting untuk melakukan pemantauan serta pemeriksaan pintu pintu air, lantaran kondisi pintu air yang mengalami kerusakan, juga berpengaruh besar terhadap lahan sawah, karena sulit mengatur keluar masuknya air,” tandasnya.(FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru