Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tersisa 6 Kecamatan di Bartim Belum Miliki Kasus Positif Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Juni 2020 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Saat ini tersisa enam kecamatan lagi di Kabupaten Barito Timur yang belum memiliki kasus positif Covid-19. Ini setelah adanya satu kasus positif Covid-19 baru yang menjadikan Kecamatan Dusun Timur menjadi zona merah.

Kecamatan tersebut yakni, Raren Batuah, Paku, Karusen Janang, Paju Epat, Awang dan Kecamatan Patangkep Tutui.

Meski pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak panik, namun dengan terus bertambahnya angka positif Covid-19 masyarakat juga perlu waspada dan bersungguh-sungguh mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Barito Timur Simon Biring, mengkhawatirkan persepsi masyarakat yang keliru tentang tatanan normal baru atau new normal.

Menurutnya, jika masyarakat menganggap new normal sebagai kembali kepada aktivitas seperti sediakala sebelum pandemi Covid-19 serta mengabaikan protokol kesehatan, maka akan sulit bagi gugus tugas untuk melakukan penanganan dan memutus rantai penularan Covid-19.

Saat ini RSUD Tamiang Layang sedang merawat lima pasien positif Covid-19. Padahal ruang isolasi yang tersedia di rumah sakit tersebut hanya 10 kamar.

"Masyarakat menganggap new normal itu sebuah kebebasan dan tidak menjalankan protokol kesehatan. Seharusnya tetap menjaga jarak, mengenakan masker, tidak berada di kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan air dan sabun," kata Simon, di Tamiang Layang, Rabu 24 Juni 2020.

Dari 10 kecamatan yang ada di Barito Timur, empat kecamatan telah memiliki kasus positif Covid-19 yakni Kecamatan Pematang Karau satu kasus, Dusun Tengah 11 kasus, Dusun Timur satu kasus dan Kecamatan Benua Lima tiga kasus, sehingga total positif Covid-19 menjadi 16 kasus. (BOLE MALO/m) 
 

Berita Terbaru