Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Kotawaringin Timur Intensifkan Patroli Penertiban Balapan Liar, 11 Sepeda Motor Diamankan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Juni 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Satlantas Polres Kotawaringin Timur mengintensifkan patroli pencegahan balapan liar. Seperti yang dilakukan pada Rabu, 24 Juni 2020 sore di jalan sekitar Bandara H Asan Sampit. Hasilnya, belasan kendaraan bermotor diamankan.

"Ada 11 kendaraan bermotor yang digunakan untuk balapan liar. Semua sudah kami amankan dan diberikan tindakan tegas berupa tilang," kata Kasat Lantas Polres Kotawaringin Timur, AKP Johari Fitri Casdy mewakili Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, penertiban itu menindaklanjuti laporan masyarakat sekitar yang resah dengan aktivitas balapan liar karena membahayakan keselamatan pengendara. 

Kehadiran personel Satlantas Polres Kotawaringin Timur di lokasi kejadian membuat para pebalap liar kocar-kacir melarikan diri. Beruntung, pola penertiban dengan menutup jalur kabur tersebut membuahkan hasil.

"Sebagai efek jera, tidak hanya sanksi tilang yang kita berikan tapi kendaraan bermotornya juga kita tahan untuk beberapa waktu," tegas Johari.

Selain itu, para pembalap liar yang turut diamankan juga mendapat pembinaan dari personel satlantas. Bahkan orangtua turut dipanggil untuk diberikan imbauan agar selalu mengawasi aktivitas anaknya dari perilaku negatif seperti balapan liar. 

"Mayoritas pebalap liar itu usia produktif. Sangat disayangkan kalau masa muda dihabiskan dengan aktivitas berbahaya seperti itu. Lebih baik gunakan untuk hal positif. Banyak yang bisa dilakukan seperti olahraga. Apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti ini," kata dia. 

Perwira yang pernah bertugas di Kapuas dan Seruyan itu menambahkan, patroli penertiban balapan liar akan diintensifkan di waktu-waktu tertentu. Hal ini sebagai upaya pencegahan, sebab balapan liar rawan menimbulkan korban kecelakaan di jalanan.

"Pencegahan ini kami utamakan agar balapan liar tidak dilakukan. Karena mencegah itu lebih baik," tegasnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru