Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Sebut Permodalan Lembaga Jasa Keuangan Terjaga Stabil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juni 2020 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik, Anto Prabowo mengatakan bahwa permodalan lembaga jasa keuangan terjaga stabil pada level yang memadai.

"Capital Adequacy Ratio Bank Umum Konvensional tercatat sebesar 22,16% serta Risk-Based Capital industri asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing sebesar 627% dan 314%, jauh di atas ambang batas ketentuan sebesar 120%," kata Anto pada Kamis, 25 Juni 2020.

Perekonomian Indonesia pada 2020 menurut Anto diprediksi akan mengalami kontraksi didasari antara lain oleh rilis data penjualan retail dan tingkat inflasi yang kurang positif.

"Selain itu, sektor ketenagakerjaan dan aktivitas manufaktur juga belum menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan," tuturnya.

Sementara sentimen positif stimulus moneter bank sentral global berdampak positif terhadap kinerja pasar keuangan domestik yang bergerak menguat pada bulan Juni 2020.

"Sampai dengan 19 Juni 2020, pasar saham menguat sebesar 3,97% mtd dan pasar SBN relatif stabil dengan yield rata-rata menguat sebesar 19,4bps mtd. Sejalan dengan penguatan tersebut, investor non residen mencatatkan net buy sebesar Rp1,83 triliun mtd, pasar saham net sell Rp1,24triliun, pasar SBN net buy Rp3,07 triliun," terangnya.

OJK menurut Anto akan menyiapkan protokol adaptasi kebiasaan baru yang akan berlaku bagi seluruh Industri Jasa Keuangan sehingga layanan terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan tetap meminimalkan potensi penyebaran Covid-19. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru