Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDIP Kecewa Merasa Diperlakukan Tak Adil dan Difitnah

  • Oleh Teras.id
  • 26 Juni 2020 - 20:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan kecewa dan merasa diperlakukan tidak adil serta tidak berperikemanusiaan atas insiden pembakaran bendera partai.

Basarah mengatakan PDIP adalah partai politik yang sah dan mendapatkan mandat rakyat dengan memenangi Pemilu 2014 dan 2019.

"Dan berbagai fitnah kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri serta menuduh PDI Perjuangan sebagai partai komunis dan sebagainya," kata Basarah dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 Juni 2020.

Basarah mengatakan perbedaan pendapat dalam negara demokrasi adalah sebuah rahmat, termasuk dalam pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila.

Menurut Basarah, PDIP berterima kasih atas segala kritik, masukan, serta koreksi publik terkait RUU HIP. Meski begitu, kata dia, cara kekerasan dan fitnah yang tak bisa dibuktikan tidak bisa dibenarkan dan tak dikehendaki.

Dia mengatakan hal itu malah berpotensi menjadi tindak pidana dan mengaburkan substansi permasalahan yang sedang dibahas.

Basarah pun berujar, kendati difitnah, diperlakukan tak berperikemanusiaan, dan dipancing emosinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merespons dengan arif.

Megawati meminta seluruh jajaran kader partai untuk mawas diri dan tak terpancing terhadap upaya provokasi dan adu domba. Mengingat Indonesia adalah negara hukum, lanjut Basarah, PDI Perjuangan pun menempuh upaya hukum.

"Kami meminta perlindungan hukum atas tindakan kekerasan dan berbagai fitnah yang telah dilakukan oleh oknum-oknum yang telah membakar bendera partai kami."

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini mengatakan, langkah ini sekaligus untuk memberikan pendidikan politik dan demokrasi.

Berita Terbaru