Ini Kata Wakil Bupati Katingan Saat Pertemuan dengan Ormas Islam Terkait Hibah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juni 2020 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang juga menghadiri audensi atau pertemuan dengan perwakilan sejumlah organisasi Islam di ruang rapat bupati, Jumat, 26 Juni 2020.

Audensi ini dipimpin Bupati Katingan, Sakariyas. Menurut Wakil Bupati Sunardi Litang, audensi telah dihadiri beberapa ormas Islam yang baru menerima pencairan  hibah kloter kedua,

"Sebab kemarin organisasi kemasyarakatan yang telah mencairkan dana hibah dari Pemkab Katingan baru 50 persen distop dulu menunggu petunuuk lebih lanjut dari Kemendagri karena covid-19," tutur Wabup Katingan Sunardi Litang.

Intinya, kata dia dari pertemuan ini mereka penerima berterima kasih karena hibah sudah dicairkan sekaligus meminta petunjuk atau penggunaannya.

Menurutnya, dari penjelasan oleh Kepala Dinas BPKAD sesuai Perbub bahwa dana itu tidak mesti harus habis ditahun anggaran berjalan saat ini, sisa anggaran itu bisa dijadikan silva dan itu bisa tersimpan terus didalam rekening organisasi itu sendiri dengan dibuktikan pada saat peng spj-an per 31Desember paling lambat tanggal 15 Januari spj harus diserahksn. "Tampilkan saja sisanya berapa di rekening, sisnya itu di spj-kan tahun berikutnya, itu intinya," katanya.

Wabup Sunardi mengatakan setelah Perbub tahun 2019 tentang bansos tampaknya masih belum dipahami oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan. Sehingga mereka masih terpaku kepada aturan lama bahwa bantuan hibah itu harus habis per 31Desember. "Dengan  forum ini akhirnya mereka lebih tahu. Dan mudah-mudahan ini juga PR untuk teman-teman di OPD untuk mensosialisasikan bagaimana tata cara penggunaan bansos itu," imbuh Wabup Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru