Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Susur Sungai Mentaya Jadi Pilihan Masyarakat Kotim di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Juni 2020 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih pandemi Covid-19, sehingga sejumlah tempat wisata ditutup sementara oleh pemerintah daerah.

Cara ini diberlakukan sebagai upaya agar tidak menjadi tempat berkumpul orang banyak yang sangat rawan penyebaran virus corona.

Meski begitu masyarakat tetap mencari tempat atau wadah untuk refreshing. Salah satu yang menjadi tren saat ini adalah wisata susur Sungai Mentaya menggunakan perahu kelotok.

Cara ini mulai menjadi pilihan masyarakat setelah mereka tidak bisa berkunjung ke Pantai Ujung Pandaran dan Ikon Kota Patung Jelawat akibat ditutup sementara.

Wisata susur sungai berada di Sampit. Dengan awala keberangkatan di Dermaha Habaring Hurung menuju pinggiran Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kecamatan Baamang.

Para wisatawan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menarik, terutama aktivitas masyarakat Sampit, yang tinggal dipingiran sungai mulai dari mandi hingga anak berenang.

Wisata ini setiap hari dibuka oleh para motoris taksi kelotok, sehingga mereka tidak hanya melayani penyebrangan, namun juga susur sungai. Hampir setiap hari ada saja masyarakat yang menggunakan jasa mereka, namun yang paling ramai yakni pada akhir pekan.

Hamdanah, seorang warga yang menikmati wisata ini mengatakan ia sengaja datang bersama teman dan keluarganya untuk menikmati sore di Sungai Mentaya.

Hal ini dilakukan sebagai refreshing setelah melaksanakan rutinitas bekerja dalam 5 hari terakhir dan wisata susur sungailah yang menjadi pilihan mereka.

"Sangat menerik wisata ini meski hanya melihat aktivitas masyarakat di pinggiran sungai, namun ada kesenangan dan kebahagiaan tersendiri yang kami dapat," ujar Hamdanah, Sabtu, 27 Juni 2020.

Berita Terbaru