Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran Pembinaan Pesantren Naik Jadi Rp 2,3 Triliun

  • Oleh Teras.id
  • 27 Juni 2020 - 22:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mengalokasikan anggaran bantuan operasional (BOP) bagi pondok pesantren menjadi Rp 2,3 triliun pada 2021.

“Kami mengusulkan dan sudah disetujui Komisi VIII DPR, BOP pesantren naik,” kata Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 27 Juni 2020.

Setiap tahun, anggaran pembinaan pesantren hanya berkisar Rp 500 miliar. Untuk mempersiapkan pesantren tetap produktif dan aman dari Covid-19, Fachrul pun mengusulkan kenaikan menjadi Rp 2,3 triliun.

Kemenag juga memberikan beasiswa kuliah bagi santri berprestasi. Saat ini, Kemenag membina 767 santri yang sedang kuliah dengan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Tahun depan, akan dialokasikan kembali beasiswa untuk 250 santri. “Tidak kurang Rp 36 miliar akan dialokasikan untuk mengafirmasi akses para santri kuliah di perguruan tinggi terbaik," ujarnya.

Kemenag juga bekerja sama dengan Layanan Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memberi beasiswa S2 dan S3 kepada santri, baik di dalam maupun luar negeri. Setiap tahun ada 100 hingga 150 santri yang mendapatkan beasiswa tersebut. (TERAS.ID)

Berita Terbaru