Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPK Harap Masalah Kartu Prakerja Tak Sampai ke Penindakan

  • Oleh Teras.id
  • 27 Juni 2020 - 23:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KPK Wawan Wardiana berharap lembaganya cukup sampai di pencegahan dalam polemik program Kartu Prakerja.

Wawan ingin agar masalah yang ditemukan KPK bisa membawa program tersebut menjadi lebih baik. "Transparansi dijaga, akuntabilitas dijaga, jangan sampai bergerak ke arah penindakan. Jangan," ujar Wawan dalam diskusi daring pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Wawan juga berharap agar anggaran yang diperuntukkan dalam Kartu Prakerja bisa tepat sasaran. "Jangan sampai dana yang sudah capek-capek dikumpulkan, tidak tepat sasaran. Saya harap semua masukan diperhatikan," katanya.

KPK setidaknya menemukan masalah dalam 4 aspek program Kartu Prakerja, seperti; pendaftar di program Kartu Prakerja adalah kelompok yang bukan target yang disasar.

Kerja sama dengan delapan platform digital juga tidak melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah.

KPK juga menemukan bahwa kurasi materi pelatihan tidak dilakukan dengan kompetensi yang memadai dan metode pelaksanaan program pelatihan secara daring berpotensi fiktif, tidak efektif, dan merugikan keuangan negara.

Sebab metode pelatihan hanya satu arah dan tidak memiliki mekanisme kontrol atas penyelesaian pelatihan yang sesungguhnya oleh peserta.

KPK telah memberikan rekomendasi atas temuan tersebut dalam rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya pada 28 Mei 2020. (TERAS.ID)

Berita Terbaru