Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Juni 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan di Kabupaten Katingan meluap di sejumlah wilayah. Meluapnya Sungai Katingan ini akibat curah hujan tinggi.

Pantauan Borneonews.co.id pada Minggu, 28 Juni 2020, selain di wilayah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, Sungai Katingan yang memiliki panjang lebih dari 600 kometer ini juga meluap ke Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan dan Baun Bango Kecamatan Kamipang.

Di Kasongan misalnya, luapan air Sungai Katingan terjadi di sekitar Jembatan Sei Katingan dan Kampung Banjar ujung.

Akibat luapan air sungai ini menyebabkan pekarangan rumah warga di Gang Saudara Rt 18 Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir tergenang banjir.

Namun belum ada rumah warga dilaporkan kebanjiran. Sementara itu akibat luapan Sungai Katingan menyebabkan ruas jalan menuju Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan putus.

Ada satu titik ruas jalan yang putus sejak beberapa hari terakhir, sehingga warga masyarakat di wilayah ini jika hendak ke luar Petak Bahandang atau sebaliknya harus menggunakan kasa getek atau fery modifikasi untuk menyeberangkan kendaraan dan orang melintasi jalan putua tersebut.

Ruas jalan putus juga terjadi arah Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan. Padahal sebelumnya ruas jalan memuju Talingke ini sudah bisa dilewati berbagai kendaraan, namun akibat curah hujan inggi air Sungai Katingan meluap dan menenggelamkan sebagian ruas jalan di desa ini.

"Sudah beberapa hari ini air Sungai Katingan meluap ke permukaan terutama di wilayah Kasongan," kata Madi, warga Kasongan.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru