Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persiapkan New Normal, Wakil Bupati Murung Raya Cek Kesiapan Rumah Ibadah

  • Oleh Trisno
  • 09 Juni 2020 - 19:27 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu –  Dalam rangka menghadapi persiapan New Normal atau tatanan baru, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Murung Raya (Mura) yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Rejikinoor mengunjungi rumah ibadah seperti Masjid, Gereja di wilayah Kota Puruk Cahu, Selasa (9/6).

Kegiatan itu dimaksud untuk melihat kesiapan pembukaan rumah ibadah menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan pandemi coronavirus desease (Covid-19) sekaligus memberikan sosialisasi dan informasi tata cara penetapan protocol kesehehatan saat pelaksanaan ibadah.

"Kita mengecek kesiapan di masing-masing rumah ibadah seperti Masjid, Mushola, dan gereja yang ada di Kota Puruk Cahu menghadapi tatanan new normal produktif dan aman Covid-19, sekligus memberikan informasi penerapan protocol kesehatan saat pelaksanaan ibadah kepada setiapp pengurus rumah ibadah" ungkap Rejikinoor.

Ia menyampaikan bahwa seluruh rumah ibadah harus menerapkan protokol kesehatan agar sama-sama dapat memutus mata rantai penularan Covid-19. Dan seluruh rumah ibadah juga harus sepenuh nya siap ketika memutuskan untuk memulai pelaksanaan ibadah secara langsung.

Baik itu sarana dan prasarana, termasuk juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang beribadah di masing masing rumah ibadah agar memahami dan mentaati protocol kesehatan yang dianjurkan.

"Di rumah ibadah kita minta agar dapat menyediakan cairan handsanitiser, sabun cuci tangan dan selalu melakukan penyemprotan disinfektan. Terlebih harus menerapkan kebersihan," tuturnya.

Nantinya,, Pemerintah melalui Gugus Tugas akan membantuapa yang dibutuhkan rumah ibadah untuk menerapkan new normal dalam pelaksanaan ibadah, baik itu cairan disinfektan, alat pengukur suhu tubuh dan sara lainnya yang dibutuhkan.

“Hasil dari pengecekan ini akan dirapatkan dan dikoordinasikan kembali sebelum penerapan new normal dalam menjalankan ibadah, semua tokoh agama akan kembali diundang, dan tindaklanjutnya akan disampaikan, termasuk hingga Kecamatan dan Desa” jelasnya.

Semenatara itu, Kapolres Mura AKBP Dharmeswhara Hadi Kuncoro menyampaikan bahwa kunjungan rumah ibadah tersebut sama-sama memastikan agar dalam pelaksanaan ibadah tetap memperhatikan protokol kesehatan saat New Normal.

Dan tentu pengecekan secara langsung untuk melihat bagaimana kesiapan pengurus ibadah dan kendala apa yang mungkin masih dialami, dan tentu akan dicari solusi bersama sama.

Berita Terbaru