Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paku Tanam Padi Perdana di Desa Tampa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Juni 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur menggelar tanam padi perdana untuk musim tanam April-September atau Asep, Senin 29 Juni 2020.

Tanam padi perdana yang dilakukan pada sawah milik anggota Kelompok Tani Maju Bersama II Desa Tampa tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Barito Timur, Kepala Desa Tampa beserta aparat, Babinsa dan Penyuluh Pertanian BPP Paku.

Koordinator BPP Paku Asbel Serep menjelaskan, kegiatan tanam padi perdana ini bertujuan untuk mendorong petani di Desa Tampa maupun desa lain di Kecamatan Paku untuk melakukan penanaman padi secara serentak pada musim tanam asep.

Menurutnya, penanaman padi serentak memudahkan petani memutus rantai  penyebaran hama penyakit tanaman.

"Selain itu juga memudahkan dalam pengaturan irigasi, pendistribusian sarana produksi, penggunaan alat mesin pertanian maupun pemanenan," kata Asbel di sela kegiatan tanam padi.

Lanjutnya, pada penanaman padi di kelompok tani itu diterapkan pola tanam jajar legowo 4:1. Pola tanam jajar legowo 4:1 merupakan manipulasi lokasi pertanaman sehingga memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong pada setiap 4 baris tanaman padi.


"Hasil produksi dan kualitas gabah lebih tinggi dengan pola tanam jajar legowo karena tanaman padi akan memperoleh intensitas sinar matahari yang lebih banyak," ungkap Asbel. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru