Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien Positif Covid-19 di Kotim Meninggal Dunia Memiliki Riwayat Penyakit Gagal Ginjal Kronis

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juni 2020 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang meninggal dunia dini hari tadi, memiliki riwayat penyakit gagal ginjal kronis. 

"Pasien tersebut memiliki riwayat penyakit gagal ginjal kronis, sehingga harus melakukan cuci darah rutin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim Faisal Novendra Cahyanto, Senin, 29 Juni 2020. 

Pasien tersebut sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit selama satu hari. Namun karena kondisi penyakit bawaannya harus mendapatkan perawatan yang intensif, sehingga ditujuk ke Palangka Raya. 

Pasien 32 tersebut juga memiliki riwayat perjalanan bolak-balik Palangka Raya. Karena kebutuhan berobat, terkait cuci darah yang harus dilakukan oleh dirinya. 

"Riwayat perjalanannya yakni bolak-balik Palangka Raya. Kemungkinan besar pada saat itulah dirinya tertular Covid-19," kata Faisal. 

Pasien tersebut diketahui positif Covid-19 pada Sabtu, 27 Juni 2020, setelah hasil swab diterima oleh tim kesehatan di Palangka Raya. Namun hanya sekitar tiga hari dalam perawatan Covid-19, pasien tersebut meninggal dunia. 

"Saat ini tim kami mulai melakukan tracking di lapangan. Terutama terhadap orang yang kontak erat dengan pasien meninggal dunia tersebut," terang Faisal. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru