Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paku Target Tanam Padi 600 Hektare pada Musim Tanam Asep

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Juni 2020 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paku menargetkan tanam padi seluas 600 hektare di Kecamatan Paku pada musim tanam April - September atau Asep tahun ini.

Kepala BPP Paku, Asbes Serep menjelaskan, target tanam tersebut salah satu tujuannya memertahankan swasembada beras di Kabupaten Barito Timur terutama saat pandemi Covid-19.

"Tidak semua lahan sawah bisa ditanami padi pada musim tanam Asep ini karena ada beberapa wilayah yang belum dijangkau irigasi teknis atau sawah tadah hujan. Tapi kami mendorong petani untuk tetap mengusahakan lahan demi mendukung ketahanan pangan," kata Asbel, Senin, 29 Juni 2020.

Karena itu, pada musim tanam ini, selain padi juga dikembangkan tanaman jagung pakan seluas 198 hektare di Kecamatan Paku.

"Ada juga beberapa petani yang mulai mengembangkan tanaman singkong atau ubi kayu beberapa hektare," lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi yang turut menghadiri tanam padi perdana mendorong petani agar segera mulai membuka lahannya pada musim tanam.

Sementara itu, Kepala Desa Tampa, Dubinata mengimbau warganya agar mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian agar dapat mendukung ketahanan pangan pada pandemi Covid-19.

"Saya ajak masyarakat untuk menyibukkan diri menggarap lahan pertaniannya pada musim tanam asep ini supaya medukung ketahanan pangan terutama dalam keluarga," kata Dubinata. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru