92 Orang Petugas Pilkada KPU Kotawaringin Timur Reaktif Rapid Test

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juni 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 92 orang petugas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur (Kotim) reaktif rapid test covid-19. 

"Dari 1.122 orang yang di rapid test, ada 8,2% atau 92 orang reaktif," kata Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih di Kantor KPU Kotim, Senin, 29 Juni 2020. 

Mereka yang reaktif sebagian diisolasi di Klinik Covid-19 Islamic Center dan sebagian isolasi mandiri dengan pengawasan ketat petugas kesehatan. Selain itu, petugas reaktif tersebut juga langsung diambil swabnya. 

"Sebagian ada yang diisolasi di Klinik Covid-19, namun ada juga di rumah. Karena jumlahnya cukup banyak," kata Fathonah. 

Dia menerangkan, mereka melakukan rapid test terhadap 1.122 petugas tersebut selama 3 hari di beberapa tempat. Itu sebagai persyaratan untuk pelaksanaan verifikasi faktual terhadap calon perseorangan. 

Sementara, mereka yang reaktif sendiri langsung dibebastugaskan sementara. Dan jika hasil swab menunjukan negatif baru bisa bertugas kembali. 

"Sebagai upaya agar masyarakat aman dari Covid-19, maka kami tidak mempekerjakan mereka sementara hingga dinyatakan negatif covid-19," terang Fathonah. 

Dia pun berharap hasil swab dari 92 orang tersebut nantinya negatif Covid-19. Sehingga mereka bisa kembali bertugas di lapangan untuk kelancaran pelaksanaan tahapan pilkada. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru