Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Gunakan 3 Peluru Bius untuk Lumpuhkan Orangutan Sebelum Dievakuasi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juni 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Proses evakuasi terhadap seekor orangutan berumur sekitar 25 tahun, di Jalan M Hatta, Lingkar Selatan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin, 29 Juni 2020, tidaklah mudah. Tim harus mengeluarkan 3 kali tembakan bius sebelum mengevakuasi satwa dilindungi tersebut. 

"Kami gunakan 3 peluru bius, namun yang mengenai orangutan hanya 2 peluru. Orangutan itu kemudian pingsan baru evakuasi bisa dilakukan," kata Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Senin, 29 Juni 2020. 

Hal tersebut terpaksa dilakukan karena orangutan tersebut sudah dewasa dan berjenis kelamin jantan. Bahkan petugas juga sempat kejar-kejaran.

Evakuasi yang dilakukan juga tidak mudah. Walaupun kondisi kebun sudah ditanami buah nanas, namun hewan tersebut lari ke semak-semak saat melihat kedatangan tim rescue. 

"Cukup melelahkan saat kejar-kejaran tadi. Dan alhamdulilah dapat kami evakuasi," kata Muriansyah. 

Sementara, orangutan tersebut memiliki berat 66 kilogram. Tidak ada bekas luka atau seragan dari warga. Kondisinya juga baik dan tidak dalam keadaan sakit. 

Satwa dilindungi tersebut akan dibawa ke Pangkalan Bun. Jika kondisinya tidak terjadi apa-apa, maka akan dilepasliarkan di Taman Nasional Tanjung Puting. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru