Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Ingatkan Pentingnya Pendidikan bagi Generasi

  • Oleh Trisno
  • 30 Juni 2020 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) Drs Perdie M. Yoseph MA menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu hal yang paling terpenting untuk masyarakat saat ini, dan harus menjadi perhatian serius.

Karena Bupati melihat masih ada masyarakat khususnya di pedesaan yang mengabaikan masalah pendidikan, dan lebih memilih menikah atau bekerja sedini mungkin, padahal untuk menjadi kesejahteraan dan masa depan adalah modal pendidikan yang harus memadai.

Hal ini disampaikan Bupati saat mengunjun gi Desa Penda Siron Kecamatan Laung Tuhup beberapa aktu lalu dihadapan masyarakat termasuk perangkat desa yang hadir pada saat itu.

Bupati menjelaskan baha di desa, saat ini masih banyak masyarakat yang berasumsi pendidikan tidak terlalu penting, dan tidak sedikit yang ketika lulus SMA langsung menikah, atau bekerja ikut orang tua.

Hal iitu yang menjadi factor utama penyebab sebuah desa baik itu ekonomi dan pembangunannya tidak bisa berkembang dengan baik, karena minimnya SDM yang ada di desa tersebut.

“Contohnya di Desa Penda Siron ini, meski dikelilingi banyak perusahaan tambang dan kehutanan, namun tingkat ekonomi masyarakat masih tidak mengalami perubahan, kemajuan desa juga tidak ebgitu berkembang. Dan yang menjadi salah satu factor penyebabnya adalah tingkat pendidikan sebagian  masyarakatnya yang sangat minim, SDM yang belum memadai” kata Bupati.

Sehingga untuk berkiprah di dunia investasi baik perusahaan tambang maupun kehutanan, masyarakat hanya mendapat posisi sebagai staf, atau security atau cleaning servis, karena tidak mampu memenuhi standart minimal pendidikan dan latak belakang pendidikan yang menjadi salah satu syarat utama” kata Bupati.

Kondisi ini harusnya membuka mata masyarakat, dan tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya, dimana kala itu Bupati mengajak para orang tua untuk benar benar serius memperhatikan pendidikan anak anaknya.

Terus berusaha, agar minimal masuk perguruan tinggi, karena pendidikan adalah modal dasar dalam mencapai masa depan yang lebih baik.

“Di desa ini tercatat hanya ada satu orang yang menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi, da nada satu orang lagi yang ingin kuliah, ini tentu membuat saya sedih, padahal banyak anak anak muda sebagai generasi di desa ini memiliki potensi asal ditunjang dengan pendidikan yang memadai” pungkas Bupati. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru