Kodim 1011 Kuala Kapuas Dukung Pelestarian Seni Bela Diri Tradisional

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 Juni 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Kodim 1011/Klk mendukung pelestarian seni bela diri tradisional, khususnya khas daerah setempat. Dukungan itu disampaikan agar seni bela diri itu terus ada dan menjadi wadah generasi muda dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

Bahkan tidak sekadar disampaikan tapi juga dibuktikan dengan digelarnya lomba seni bela diri tradisional yakni Kuntau khas Kalimantan Tengah. Dandim 1011/Klk, Letkol Inf Ary Bayu Saputro mengatakan, lomba seni tersebut diikuti puluhan peserta.

"Kami ingin melestarikan budaya bela diri tradisional, dan mencari bibit atlet berprestasi, sehingga nantinya bisa membawa nama Kabupaten Kapuas," kata Dandim kepada wartawan, Selasa, 30 Juni 2020.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, selain mengadakan lomba seni bela diri tradisional, pihaknya juga sebelumnya rutin mengembangkan seni beladiri karate yang diikuti berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Selama ini sudah kita bina untuk karate anak-anak, ini mulai dari anak kecil, karena seni bela diri ini berpotensi, dan diminati," tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi wadah, khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Kapuas, sehingga menjadi aktivitas positif selain mengikuti pembelajaran atau akademik di sekolah.

"Ke depan kegiatan-kegiatan serupa akan rutin kami adakan, sebagai bentuk dukungan dalam melestarikan seni bela diri," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru