Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eskop: Pengabdian Tidak Pernah Purna Tugas

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Juni 2020 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah atau Sekda Barito Timur, Eskop mengakhiri tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara atau ASN pada hari ini, sekaligus masuki purna tugas besok Rabu, 1 Juli 2020.

Meski purna tugas sebagai ASN dan setelah mengabdi sebagai Sekda selama hampir 7 tahun, Eskop memastikan dirinya tetap mengabdikan kemampuan dan pengalamannya di tengah masyarakat Barito Timur.

"Pengabdian tidak pernah purna tugas, hanya sebagai ASN saya purna tugas," ungkap Eskop usai kegiatan perpisahan di GPU Mantawara, Selasa 30 Juni 2020.

Menurutnya, sesuai dengan latar belakang pendidikan di bidang pertanian dan sebagai mantan penyuluh pertanian, dirinya tetap dapat memberikan penyuluhan atau masukan kepada masyarakat untuk peningkatan pertanian di Barito Timur.

"Menjelang purna tugas ada teman-teman asosiasi sawit rakyat yang meminta untuk menjebatani, lalu ada juga pengembangan ubi kayu mereka meminta untuk membentuk asosiasi, jadi walau sudah purna tugas sebagai ASN pengabdian kita tidak pernah purna tugas," imbuhnya.

Ketika ditanya tentang kemungkinan untuk terjun ke dunia politik dan mencalonkan dari sebagai bupati Barito Timur pada tahun 2023, Eskop tidak memberikan jawaban yang pasti, namun memberi sinyal bahwa hal tersebut dapat saja terjadi.

"Kalau memang pada saatnya nanti proses itu ada dan pada dasarnya masyarakat menghendaki serta kita ini tetap sehat kenapa kita tidak memberi pengalaman dan pengetahuan kita yang ada," jawab Eskop diplomatis.

Lanjutnya, sebagai warga Barito Timur dan sepanjang punya kemampuan dirinya tidak boleh apatis terhadap pembangunan.

Namun bagi Eskop, jika akhirnya masyarakat tidak menghendaki itu, apa yang dicapainya saat ini yakni purna tugas sebagai Sekda dengan golongan tertinggi IVe sudah merupakan mukjizat yang patut disyukuri.

"Kalau kita yang purna tugas ini banyak ladang pengabdian," pungkasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru