BPJS Kesehatan Kembali Berikan Pemahaman kepada Peserta Mengenai JKN-KIS

  • Oleh James Donny
  • 30 Juni 2020 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - BPJS kembali memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam temu peserta program JKN-KIS yang digelar di aula Bappeda Litbang Pulang Pisau, Selasa, 30 Juni 2020.

Dalam kegiatan ini Kepala BPJS Cabang Palangka Raya, M Masrur Ridwan kembali mensosialisasikan program tersebut bagi peserta mengenai penggunaan JKN-KIS, kegunaan Kartu JKN-KIS dan pelayanan kesehatan untuk JKN-KIS.

"Program JKN-KIS bertujuan memberikan perlindungan baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang lain untuk mendapatkan kepastian jaminan kesehatan sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan," terangnya.

Masrur mengatakan ada 18 ribu peserta JKN yang terdaftar di Pulang Pisau. Namun yang aktif membayar iuran adalah peserta JKN dari badan usaha dan pemerintah daerah, sementara sebagian besar dalam posisi non aktif karena menunggak iuran.

Berdasarkan kebijakan pemerintah di era pandemi Covid-19, maka tunggakan bisa dibayarkan 6 bulan sekaligus jika mempunyai tunggakan 12 bulan, dan anggota JKN bisa aktif kembali, jika sebelumnya non aktif karena tunggakan.

Demikian juga dijelaskan jika masyarakat yang menggunakan JKN mandiri tidak membayar iuran maka kartu JKN tidak bisa digunakan karena non aktif. Artinya saat mendapatkan pelayanan tidak ada jaminan karena tidak aktif.

Masrur mengimbau kepada peserta JKN untuk selalu menjaga kesehatannya. "Meski kita memiliki kartu JKN, menjaga kesehatan adalah yang utama," ujarnya. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru