2 Wakil Menteri Kunjungi Barito Timur Survei Lahan Pertanian

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Juli 2020 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengunjungi Kabupaten Barito Timur, Rabu sore 1 Juli 2020.

Dari Jakarta, rombongan wakil menteri ini transit di Palangka Raya kemudian melanjutkan kunjungan ke Barito Timur dengan menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Udara.

Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur beserta Anggota DPRD, Dandim 1012 serta Kajari Barito Timur menyambut kedatangan wakil menteri di lapangan Bumi Perkemahan Bangi Wao.

Selanjutnya rombongan diajak melakukan kunjungan di Desa Harara, Kecamatan Dusun Timur. Sakti Wahyu Trenggono mengatakan tujuan kunjungan ke Barito Timur yakni mengecek kesiapan lahan pertanian untuk program ketahanan pangan nasional berkelanjutan.

Karena itu selain mengajak Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Sakti juga mengajak beberapa ahli atau pakar pertanian.

"Saya bawa beberapa profesor yang ahli dibidang rekayasa hayati, ahli tanaman singkong, dan bioteknologi tanah," ungkapnya.

Lanjutnya, KLHK dan para ahli ini yang akan meneliti komoditas apa yang paling cocok dengan kondisi tanah di Barito Timur.

"Melihat keadaan di sini sepertinya cocok untuk tanaman jagung dan singkong," imbuhnya. Menurut Sakti, jika komoditas yang akan dikembangkan nanti lebih menguntungkan bagi masyarakat, maka tanaman yang sudah ada di lahan petani akan dikonversi kepada komoditas tersebut.

Dia berharap sesuai program pemerintah untuk mengembangkan food estate yang merupakan konsep pengembangan produksi pangan nasional, maka diharapkan pembukaan lahan di Barito Timur bisa seluas-luasnya.

"Nantinya bisa menambah nilai ekonomi masyarakat lebih besar dan harapan kita masyarakat sekitar semakin sejahtera," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru