Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

7 Obat Alami Tukak Lambung, Ada Bawang Putih hingga Lidah Buaya

  • Oleh Teras.id
  • 02 Juli 2020 - 12:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Nyeri perut sering kali menjadi tanda adanya masalah di lambung. Orang sering menyebutnya sakit maag atau tukak lambung. Penyakit yang sering disebut dengan ulkus lambung merupakan luka yang terjadi di dinding lambung. Luka tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, stres, merokok, alkohol, hingga obat tertentu. 

Tukak lambung perlu ditangani dengan bantuan dokter. Tapi setelah itu, Anda bisa mengonsumsi obat-obat alami untuk meredakannya.

Berikut obat alami tukak lambung yang bisa Anda coba.

1. Licorice

Akar licorice dipercaya dapat menjadi obat tradisional tukak lambung pada beberapa kasus. Salah satu laporannya menyebutkan bahwa licorice merangsang lambung dan usus halus untuk menghasilkan lebih banyak mukus. Mukus tersebut membantu melindungi dinding lambung serta mempercepat pemulihan ulkus atau tukak. Licorice juga memiliki kandungan yang potensi untuk mencegah pertumbuhan bakteri H. pylori.

2. Kubis

Penggunaan kubis telah untuk mengatasi tukak lambung dimulai sebelum munculnya antibiotik. Belum jelas jenis kandungan yang membantu pemulihan tukak lambung. Namun, vitamin C dalam kubis boleh jadi dapat mencegah dan menangani penyakit akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori ini.

Dalam sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Western Journal of Medicine, 81 persen dari pasien yang meminum jus kubis berhasil mengalami penurunan gejala tukak lambung dalam satu minggu.

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Walau masih perlu dikaji lebih lanjut, ekstrak bawang putih berpotensi untuk mempercepat pemulihan ulkus, serta mengurangi kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit ini.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2016, konsumsi dua siung bawang putih per hari selama tiga hari membantu mengurangi aktivitas bakteri di dinding usus pada pasien yang menderita infeksi H. Pylori.

4. Madu

Kandungan antioksidan madu memiliki manfaat kesehatan yang beragam, termasuk membantu mencegah terbentuknya tukak atau ulkus serta merangsang pemulihannya.

Madu juga memiliki sifat antibakteri yang membantu memerangi bakteri H. pylori, yang umum memicu tukak lambung.

Berita Terbaru