Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan Hari Jadi Ke 18 Labupaten Sukamara Memiliki Makna

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Juli 2020 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Peringatan Hari Jadi ke 18 Kabupaten Sukamara dinilai memiliki makan, yakni sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa depan.

"Seiring bergantinya waktu, hari, bulan dan bergantinya tahun tidak terasa Kabupaten Sukamara pada hari ini tepat berusia 18 tahun," kata Ketua DPRD Sukamara, Deni Khaidir, Kamis, 2 Juni 2020.

Menurutnya, memperingati hari ulang tahun secara filosofi dapat bermakna retrosfektif, yaitu dengan sebuah peringatan hari ulang tahun berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah, dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan.

"Kemudian introsfektif,  artinya peringatan hari ulang tahun kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau intropeksi diri, bukan hanya suatu proses seremonial yang dilaksanakan dari tahun ketahun," ujarnya.

Lanjutnya, dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna. Sebab, mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan.

"Terakhir prospektif, artinya melalui perayaan hari ulang tahun kita berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa merupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu," tukasnya. 

Ketua DPRD Sukamara juga berharap, momentum tersebut akan semakin memantapkan dan meningkatkan, serta memperkokoh tekat dan semangat juang untuk terus membangun dan mengantarkan Kabupaten Sukamara sebagai suatu daerah otonom.

"Sehingga dapat berdiri sejajar bahkan lebih maju dari daerah-daerah lain," tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru