Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Mulai Surut, Puluhan Warga Nanga Bulik Masih Bertahan di Penampungan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Juli 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Banjir akibat luapan air sungai Lamandau yang merendam puluhan rumah warga di Nanga Bulik hingga Kamis 2 Juli 2020 sudah mulai berangsur surut. Namun demikian, puluhan warga korban banjir masih tetap bertahan di tempat penampungan. 

Hal itu seperti disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau, Edison Dewel, melalui sekretarisnya, Fery Natalianto.

"Dilihat dari alat ukur yang ada, per hari ini (Kamis pagi) ketinggian air s uh ngai di titik pantau Dermaga Batu Bisa sudah mulai surut dan ketinggiannya 660 cm. Turun 18 cm jika dibandingkan pada Rabu malam," ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan. 

Fery menambahkan, meskipun sudah mulai surut, sedikitnya ada 72 orang warga kelurahan Nanga Bulik yang masih bertahan atau menempati pos penampungan yang disiapkan Pemkab Lamandau. 

"Sampai hari ini, ada 72 jiwa dari 21 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi ke pos penampungan, baik di gedung Sembaga Mas ataupun di gedung LPTQ," ungkapnya, 

Terpisah, Lurah Nanga Bulik, Tania Pingkan, menyebut bahwa sebagian besar warga yang menempati pos penampungan adalah warga dari lingkungan RT 04 C, wilayah yang masuk kategori dataran rendah. 

"Tempat tinggal mereka cukup parah terdampak banjir, sehingga mereka memilih untuk mengungsi sementara di tempat yang memang sudah disiapkan," ujarnya.

Dia juga mengatakan, seiring dengan surutnya banjir, sebagian warga sudah mulai membersihkan rumah atau tempat tinggalnya masing-masing. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru