Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolsek Pulau Petak Imbau Masyarakat Cegah Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Juli 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kapolsek Pulau Petak Iptu Z. Hutagalung mengimbau masyarakat setempat agar bersama-sama mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, menjelang peralihan musim tahun ini.

Pihaknya pun telah melakukan sejumlah upaya imbauan seperti memasang baliho atau spanduk dititik rawan terjadinya karhuta, sehingga bisa menjadi perhatian masyarakat.

"Kami utamakan upaya pencegahan, dengan mengimbau supaya warga saat membuka lahan untuk pertanian, dan sebagainya tidak dilakukan dengan cara membakar, tetapi bisa dilakukan dengan cara lain yang tidak menyebabkan kebakaran hutan, dan kabut asap bisa mengganggu kesehatan," kata Iptu Z Hutagalung, Kamis, 2 Juli 2020.

"Pencegahan ini kita utamakan itu daripada melakukan aksi pemadaman bilamana sudah terjadi karhutla," lanjut dia.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pendataan terkait data lahan yang ada di Kecamatan Pulau Petak ini, sehingga bisa lebih diantisipasi kerawanan terjadinya karhutla.

"Kami juga menggalakan bagi desa desa untuk menyiapkan Masyarakat Peduli Api (MPA), dan alat pemadam. Serta mencari embung atau sumber air bilamana terjadinya karhutla. Tapi, pada prinsipnya kita mengutamakan upaya pencegahan agar jangan sampai itu terjadi," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/m)

Berita Terbaru