Polres Kotawaringin Barat Terima Penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Juli 2020 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menerima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak, atas dedikasi dan respon cepat dalam penanganan kasus anak.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait melalui Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada Kapolres Kobar, AKBP E Dharma B Ginting di aula Graha Bhayangkara Mapolda Kalteng, Jumat, 3 Juli 2020.

Penghargaan tersebut dinilai pantas diterima Polres Kobar setelah sepanjang tahun 2020 telah sukses menangani 17 kasus tindak pidana anak di bawah umur, baik sebagai korban.

“Salah satunya, respon cepat Polres Kobar dalam menangani kasus kekerasan seksual anak di bawah umur yang dilaporkan pada 2 Juni 2020. Kini pelaku sudah ditahan,” kata pernyataan KPA sebagaimana rilis Polres Kobar.

Sementara itu, Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting menyampaikan, keberhasilan mengungkap kasus tersebut tidak lepas dari dukungan, semangat serta kerja keras anggota dan jajarannya.

“Berkat kerjasama anggota kasus kekerasan seksual terhadap anak di wilayah Kobar dapat terungkap. Hal ini sebagai wujud pelayanan prima kami terhadap masyarakat, dan menunjukkan bahwa Polri senantiasa hadir untuk memberikan perlindungan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk pencegahan perlu dikedepankan upaya preventif dan preemtif, memberikan pendidikan kepada masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

“Selain upaya represif, upaya preventif dan preemtif juga kita kedepankan,” kata Dharma.

Dia menambahkan, pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Kobar untuk memertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru