Pulihkan Dampak Banjir, Bupati Hendra Terjun Gotong Royong Bersihkan Rumah Warga dan Lingkungan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Juli 2020 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana terjun langsung pada kegiatan gotong royong untuk membersihkan rumah-rumah warga dan lingkungan yang terdampak banjir, Jumat 3 Juli 2020.

Pada kegiatan yang sengaja dicanangkan sebagai salah satu upaya mempercepat pemulihan dampak banjir itu, Bupati Hendra terlihat datang langsung ke sejumlah lokasi seperti di RT 08 Nanga Bulik sambil menggowes sepeda.

"Ada lima titik terdampak banjir yang hari ini kita canangkan untuk gotong royong bersih-bersih pasca terdampak banjir beberapa hari lalu, kita juga sengaja minta BPBD serta ASN berbagai OPD bekerja sama dengan unsur TNI-Polri untuk membersihkan sampah-sampah di lokasi terdampak banjir yang saat ini alhamdulillah sudah surut," ungkap Bupati Hendra Lesmana di sela kegiatan. 

Dia juga menyebut, bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Lamandau tahun ini memang cukup parah, terparah di 10 tahun terakhir. Bahkan, kata Hendra, air sungai Lamandau yang melintasi kota Nanga Bulik volume luapannya cukup besar hingga menggenangi sejumlah perkampungan penduduk yang ada di sekitar bantaran sungai dan daerah-daerah dataran rendah. 

Hendra juga mengatakan, sesuai prakiraan cuaca hingga kini potensi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah wilayah di kabupaten Lamandau diprediksi masih akan terus terjadi, sehingga warga diminta untuk tetap waspada. 

"Bahkan dua hari terakhir curah hujan di wilayah kecamatan Delang juga cukup tinggi, sehingga kemarin (Kamis 2 Juli 2020) jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kalteng-Kalbar di wilayah Delang sempat terendam air dan tidak dapat dilalui. Namun update pagi hari ini jalanannya sudah dapat dilewati, termasuk bantuan dari kita juga sudah dapat masuk ke beberapa desa terdampak," jelasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru