Kodim Palangka Raya Gelar Festival Pencak Silat Tradisional

  • Oleh Nopri
  • 03 Juli 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kodim 1016 Palangka Raya menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Pagelaran Pencak Silat Tradisional, Jumat 3 Juli 2020.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Staf Teritorial Kodim 1016 Palangka Raya khususnya bidang komunikasi sosial (Komsos) untuk melaksanakan pembinaan terhadap Seni Bela Diri Pencak Silat Tradisional guna membentuk generasi muda kreatif, inovatif dan adaptif.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf I Gede Putra Yasa. Dalam arahannya di depan peserta menyebutkan bahwa seni Bela Diri Pencak Silat Tradisional merupakan warisan olahraga bela diri asli Bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.

“Tujuan diselenggarakan pagelaran pencak silat ini merupakan untuk membentuk karakter generasi muda agar tidak mudah disusupi oleh faham radikalisme dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Pencak silat merupakan ilmu bela diri asli Indonesia, pagelaran pencak silat merupakan ajang silaturahmi antara penguruan pencak silat, sekaligus untuk melestarikan kebudayaan bangsa indonesia Khususnya di wilayah Kodim 1016 Palangka Raya.

Pagelaran pencak silat ini melibatkan peserta dari beberapa Perguruan Pencak Silat di Wilayah Kota Palangka Raya yakni PSHT, Cipta Sejati dan Merpati Putih.

Karena kegiatan ini dalam situasi Pandemi COVID-19 maka penerapan protokol kesehatan wajib bagi seluruh peserta melalui mekanisme pengecekan suhu tubuh, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan penggunaan hand sanitizer. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru