Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Shin Tae-yong Tetap Minta Timnas Latihan di Korea, Ini Sikap PSSI

  • Oleh Teras.id
  • 04 Juli 2020 - 07:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya bersedia membicarakan rencana pemusatan latihan (TC) tim nasional atau Timnas U-19 di Korea Selatan dengan manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Ketika ditemui di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat, Iriawan menyebut bahwa hal itu sudah disampaikannya kepada Shin Tae-yong saat bertemu empat mata secara virtual pada 26 Juni lalu.

"Dia tetap meminta timnas U-19 TC di Korea Selatan. Saya mengatakan, ‘Anda harus ke sini dahulu’. Kami berharap dia sudah di Jakarta pada minggu kedua Juli," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

PSSI, dia melanjutkan, ingin diskusi terkait TC timnas U-19 dilakukan di Jakarta agar obrolan dapat dilakukan mendalam dan menyeluruh.

Iriawan menegaskan, PSSI memiliki pertimbangan sendiri soal TC di Korea Selatan. Ada beberapa hal yang membuat PSSI berat mengirimkan skuat timnas U-19, yang saat ini beranggotakan 44 orang, ke Negeri Ginseng dalam situasi pandemi COVID-19.

"Pertama, kalau membawa 44 pemain, bagaimana jaminan keselamatan dan kesehatan mereka di sana Lebih praktis kalau Shin Tae-yong dan tim yang ke Indonesia, paling hanya ada lima atau enam orang. Kita bisa jamin perlindungan kesehatannya," kata purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal tersebut.

Kemudian, yang kedua, kalau timnas U-19 berangkat ke Korea Selatan, artinya Shin Tae-yong tidak bisa menangani timnas senior Indonesia yang juga bagian dari tanggung jawabnya.

Padahal, skuat berjuluk Garuda akan berlaga di tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia mulai tanggal 8 Oktober 2020.

"Kalau dia membawa timnas U-19 ke Korea, bagaimana dengan timnas senior Jadi kami bukannya tidak mau ke Korea Selatan, tetapi mesti ada kesinambungan," tutur Iriawan.

Namun, andai keputusan yang diambil adalah mengizinkan timnas U-19 berangkat ke Korea Selatan, Iriawan menegaskan bahwa jumlah pemain yang dibawa sekitar 23-30 orang. "Akan tetapi, jika seperti itu, para pemain yang ke sana juga mesti menjalani karantina selama 14 hari sebelum berlatih," ujar Iriawan.

Berita Terbaru