Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keuangan Desa Didorong Untuk Perbaikan Kualitas SDM dan Pembangunan

  • Oleh Naco
  • 04 Juli 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur mengungkapkan agar keuangan desa didorong untuk mendukung fokus pembangunan dan perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Caranya, kata dia, dengan menambah aliran dana desa ke sektor pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Termasuk untuk perbaikan sektor kesehatan.

Menurutnya, pembangunan desa di wilayah ini terus meningkat, ditandai dengan jumlah desa sangat tertinggal yang terus berkurang secara signifikan.

Bahkan tahun 2019 yang lalu sudah dapat mengurangi desa sangat tertinggal dari 55 desa pada 2018 menjadi 25 desa pada tahun 2019 atau berkurang 30 desa sangat tertinggal. 

Kabupaten Kotawaringin Timur terdiri dari 168 desa dan 17 kelurahan yang tersebar di 17 kecamatan. Sebagian besar penduduknya masih mengandalkan mata pencaharian dari sektor pertanian.

Selain jumlah desa sangat tertinggal yang berkurang drastis, kini jumlah desa maju dan  mandiri di Kotawaringin Timur pada 2019 semua mengalami peningkatan. Desa mandiri bertambah menjadi dua desa dari sebelumnya pada tahun 2018 hanya satu desa.

"Itulah yang kita harapkan agar setiap tahunnya, angka desa tertinggal terus berkurang, bahkan jangan sampai ada lagi desa tertinggal," pungkasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru