TMMD di Sukamara Juga Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Juli 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain pembangunan dibidang fisik, personel Kodim 1014 Pangkalan Bun juga menggelar sosialisasi pencegahan penularan covid-19 dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke 108, di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara.

Kordinator TMMD Reg ke 108, Pasiter Kapten Inf Mulyono, Minggu, 5 Juli 2020 menjelaskan legiatan yang digelar Sabtu, 4 Juli 2020 malam ini diikuti oleh pemuda Karang Taruna dan ibu PKK.

"Sosialisasi pencegahan penularan covid-19 ini selalu dilakukan agar masyarakat tidak panik namun selalu waspada dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian. Contohnya selalu jaga jarak, hindari kerumunan orang banyak dengan melakukan  hidup sehat, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan selalu memakai masker," jelas Mulyono.

Selain itu, lanjut Mulyono, dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan bahwa disekitar kita juga banyak tanaman obat tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

"Banyak sekali rempah-rempah atau empon-empon asli Indonesia yang sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan tubuh. Seperti jahe, kencur, sereh, kunyit dan banyak lagi. Dengan menjaga daya tahan tubuh harapannya dapat mencegah virus menyerang tubuh, termasuk covid-19," jelas Mulyono.

Bukan itu saja, lanjut Mulyono, dalam sosialsiasi ini juga disampaikan terkakt pencegahan karhutla.

"Saat masuk musim kemarau nanti semua pihk diharapkam untuk tidak membuka lahan dengan cara mebakar dan menghindari perbuatan yang berpotensi memicu karhutla seperti membuang puntung rokok sembarangan," jelas Mulyono. (WAHYU KRIDA/B-5) 

Berita Terbaru