Penerima Bansos Dihimpun dari Berbagai Sumber Data

  • Oleh Trisno
  • 05 Juli 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Distribusi Bantuan Sosial atau Bansos yang disalurkan kepada sebagian besar Kepala Keluarga Penerima Manfaat (PKM) akibat dampak dari Covid-19 di Kabupaten Murung Raya (Mura) telah memasuki tahap selanjutnya.

Di mana pada tahap pertama khususnya yang bersumber dari Kementerian Sosal, APBD Provinsi Kalteng dan maupun dari APBD Kabupaten Mura sudah disalurkan dan saat ini masih banyak keluhan atau pertanyaan bagaimana cara Pemerintah mendata sehingga menentukan siapa PKM yang menerima bantuan tersebut.

Terkait itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mura Rusine melalui KASI Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Kristopel Gunadi menjelaskan baha ada beberapa sumber data yang digunakan untuk mendistribusikan Bansos.

Diantaranya DTKS dari data statistic tahun 2015 yang ada di Kemensos RI, kemudian upa date dari Pemerintahan Desa terbaru kepala keuarga yang belum menerima bantuan termasuk data yang dhimpun dari berbagai masukan dan saran maupun pengecekan kelapangan secara langsung.

Dari berbagai sumber data tersebut sebagai dasar untuk mendistribusikan masing masing bansos, tentunya setelah mendapat validasi dan persetujuan Pemerintah.

Pihaknya mengatakan akan terus menerus melakukan evaluasi dan up date data penerima bansos sampai saat ini,sehingga Bansos bisa benar bear tepat sasaran dan diterima oleh masyarakat yang berhak.

Termasuk juga Dinsos selalu menerima berbagai masukan dan saran dari berbagai pihak terkait denga data Penerima, termasuk meminta jajaran Pemeribtah Kelurahan dan Desa untuk selalu melakukan update data dan benar benar mendata masyarakat yang memang menjadi sasaran program Bansos. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru