Warga Tolak Rumah Betang Muara Teweh untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 05 Juli 2020 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Nampaknya rencana Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk menjadikan Rumah Betang Muara Teweh sebagai tempat isolasi Covid-19 sudah tersebar dan diketahui masyarakat.

Dengan itu, warga RT 11 dan 12 Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah di sekitar Stadion Olahraga Swakarya atau lokasi Rumah Betang yang bermukim dekat dengan Rumah Betang menolak tempat tersebut dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19.

Dijadikannya Rumah Betang tempat isolasi pasien Covid-19 karena adanya peningkatan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 di di daerah ini. Ruang isolasi di RSUD Muara Teweh penuh dan Pemkab Barito Utara memilih alternatif isolasi di Rumah Betang.

"Kami warga dari dari dua RT baru saja selesai rapat. Intinya menolak rencana Rumah Betang dijadikan tempat isolasi pasien ODP dan PDP," kata Fahrurrazi, Minggu 5 Juli 2020.

Dikatakannya, , selain dekat dengan permukiman warga, jika benar Rumah Betang dijadikan untuk isolasi pasien ODP dan PDP, mungkin nanti akan terjadi stigma di masyarakat, lingkungan tempat tinggal mereka dikatakan zona merah.

Sementara warga lainnya Rosihan menyatakan alasan penolakan, karena limbah buangan kotoran dari Rumah Betang mengalir ke permukiman mereka. Apalagi, saluran drainase di tempat mereka RT 11 dan 12 tak berfungsi baik, karena rusak dan mampet.

"Bangunan Rumah Betang terbuat dari kayu, sehingga rawan tercemar. Beda jika bangunan itu permanen dengan konstruksi beton," ucapnya.

Hasil rapat warga dua RT, sambung Rosihan, semua warga sepakat menolak. Mereka pun akan mengirimkan surat kepada Pemkab Barito Utara.

"Kalau bisa janganlah di Rumah Betang. Selain dekat permukiman, limbah buangan kotoran dari atas mengalirnya ke pemukiman warga. Masih banyak fasilitas milik pemerintah yang bisa dipakai untuk isolasi. Seperti Gedung Balai Antang, Kantor KONI dan Gedung Olahraga," kata Rosihan.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru