Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tantangan 3 Bulan Tidak Beli Baju demi Kurangi Limbah

  • Oleh Teras.id
  • 05 Juli 2020 - 22:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) mengajak tidak membeli baju baru selama 3 bulan mulai 15 Juli higga 15 Oktober 2020. Gerakan ini merupakan implementasi slow fashion untuk mengurangi sampah fesyen dan limbah tekstil.

Dengan gerakan Mulai Dari Lemari atau MDL, orang diajak mencari alternatif baju baru, seperti meminjam, menyewa, bertukar, menjahit sendiri, atau membeli baju bekas.

Membeli baju baru pun tetap sah-sah saja, bila memang butuh dan bukan sekadar tergiur tren, terlebih bila membeli dari label fashion berkelanjutan atau label lokal untuk mendukung wirausaha yang terdampak pandemi COVID-19.

"Seiring berkembangnya zaman, industri fashion bergulir begitu cepat. Berbagai label gencar mengeluarkan koleksi barunya demi mengikuti tren. Fashion cepat (fast fashion) menjadi sesuatu yang banyak diminati berimbas pada perilaku konsumerisme dimana orang-orang membeli pakaian baru demi mengikuti tren semata dengan jumlah lebih dari yang mereka butuhkan," ujar Maurilla Sophianti Imron, pendiri Komunitas Zero Waste Indonesia, dalam siaran resmi, Ahad, 5 Juli 2020.

"Padahal industri tekstil merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. Jika terus menerus seperti ini bukankah tidak baik juga untuk diri sendiri dan lingkungan" lanjutnya B

Melansir dari Global Fashion Agenda, limbah tekstil akan diperkirakan bertambah sebanyak 60 persen antara 2015 sampai 2030.

Gerakan ini diharapkan bisa diikuti setidaknya 5.000 orang yang mendaftarkan komitmennya hingga 14 Juli bisa berkontribusi memperpanjang umur pakaian hingga 9 bulan dan dapat mengurangi emisi karbon global hingga 30 persen.

Orang-orang diajak untuk menjadi konsumen yang lebih bijak dan memaksimalkan pakaian yang ada. Membeli baju baru pun tak masalah, selama didorong oleh kebutuhan, bukan cuma keinginan atau sekadar ikut-ikutan tren.

"MDL bukan anti baju baru tapi sebuah pengingat diri," kata Amanda Zahra Marsono, Head of Public Relations and Marketing juga Project Manager #TukarBaju.

Menurut Amanda, kampanye ini fokus kepada pembentukan kesadaran mengenai implementasi fashion lambat dalam konsep fashion berkelanjutan.

Berita Terbaru