Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sepatu Kulit Ceker Ayam Hirka Semakin Dikenal

  • Oleh Teras.id
  • 06 Juli 2020 - 10:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Belum genap satu tahun, jumlah pengikut instagram sepatu kulit ceker ayam Hirka asal Kota Bandung, Jawa Barat, langsung melesat.

Dari hanya sekitar 1.500 orang pada September 2019, menjadi hampir 11 ribu pengikut pada Juli 2020 ini. Rahasianya ternyata ada pada strategi digital marketing yang tepat.

Salah satu strategi yang digunakan yaitu mempromosikan sepatu ini dengan bantuan influencer. Hirka pun menggunakan jasa dokter Tirta, yang selama ini dikenal sebagai influencer sneaker.

"Dokter Tirta sangat membantu untuk mengenalkan produk kami lebih luas" kata CEO Hirka, Nurman Farieka saat menjadi pembicara dalam webinar SATU Indonesia Awards 2020 di Jakarta, Sabtu, 4 Juli 2020.

Setelah menggandeng dokter Tirta, penjualan sepatu kulit ceker ayam Hirka langsung melesat menjadi 300 hingga 400 kali lipat.

Nurman mengakui promosi produk menggunakan jasa influencer tidak bisa sembarangan, tidak bisa hanya berpatokan pada banyaknya follower. Namun, karakter influencer yang digunakan harus sesuai dengan produk yang ingin dijual.

"Jadi udah pas banget, beliau (dokter Tirta) punya power di situ," kata Nurman yang juga pemenang SATU Indonesia Awards 2019 ini. Kini, instagram dan media sosial lainnya dari Hikra juga semakin berkembang.

Hirka juga mengembangkan website sendiri yaitu hirkaofficial.com. Tapi capaian ini tidak datang tiba-tiba. Proses pembuatan sepatu bikinan Nurman ini dimulai 2015.

Butuh satu tahun bagi Nurman untuk melakukan riset pembuatan sepatu berbahan kulit ceker ayam. Satu tahun rampung, Nurman pun masuk ke riset produk di tahun 2016. Produk sepatu yang tergolong sulit, menjadi pilihan Nurman.

"Kami ingin mulai dari yang susah dulu, jadi menurut saya untuk yang lebih ringan, jadi mudah," kata dia. Dua tahun melakukan riset, sepatu kulit ceker ayam pun diproduksi lalu diluncurkan pada sebuah pameran internasional.

Berita Terbaru