Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Terima Bantuan 150 Cartridge TCM untuk Swab Test dari BNPB

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Juli 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menerima bantuan 150 unit Cartridge Tes Cepat Molekuler (TCM) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang nantinya bisa digunakan untuk swab test.

Bantuan itu sebagai salah satu upaya Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 yang diusulkan sebelumnya untuk kebutuhan alat medis.

Dengan alat Cartridge TCM tersebut, maka nantinya tidak lagi berlama-lama menunggu hasil swab dari Banjarmasin dan Palangka Raya. Jika lengkap perizinan maupun sarprasnya, RSUD Kapuas bisa melakukan pemeriksaan sendiri.

"Bantuan cartridge TCM tersebut dari BNPB Pusat," kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin, 6 Juli 2020.

Sementara itu, Direktur RSUD Kapuas dr Agus Waluyo menyampaikan sudah ke BNPB pusat bersama kepala pelaksana BPBD dan kepala dinkes.

"Kami berterima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB serta Kementerian Kesehatan beserta jajaran memberikan bantuan 150 Catridge TCM itu untuk pemeriksaan pasien Covid-19," ucap Agus.

Bantuan cartridge yang diterima diharapkan mampu mempercepat penentuan kepastian terhadap status pasien, terkonfirmasi positif atau bukan.

Selain itu, pihaknya pun juga sudah ke Kementerian Kesehatan berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) usulan dokter spesialis paru-paru dokter anastesi penyakit dalam serta radiologi.

"Sarpras rumah sakit mengusulkan peralatan laboratorium yakni berupa Art PCR dan Mobile PCR lengkap," jelasnya.

Dia menambahkan, seluruh Indonesia rumah sakit yang tersebar di kabupaten/kota pemeriksa Covid-19 yang ditunjuk oleh pemerintah pusat berjumlah 420 rumah sakit.

"Terkait itulah, kami juga mengusulkan izin operasional. Dan saat ini masih dalam proses, sehingga diharapkan tidak lama lagi akan bisa direalisasikan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru