Ditsamapta Polda Kalteng Gelar Latihan Pengamanan Kedatangan Presiden

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 06 Juli 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktorat Samapta Polda Kalteng menggelar pelatihan pengamanan kedatangan presiden republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan itu berlangsung di halaman Markas Komando Ditsamapta Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 6,5, Senin 6 Juli 2020.

Polisi laki-laki maupun wanita dibekali pelatihan pengamanan seperti penggunaan senjata SS1 dan antisipasi terjadinya tindak rawan kejahatan saat pejabat RI 1 datang ke bumi Tambun Bungai.

Direktorat Samapta sebagai pasukan perintis atau yang berada paling depan ketika terjadi peristiwa harus selalu siap menangani semua situasi yang kemungkinan terjadi saat pengamanan dilakukan. 

Selain pengamanan terhadap pejabat ring 1 yakni presiden dan para menterinya anggota Direktorat Samapta Polda Kalimantan Tengah juga dilatih mengantisipasi tindak rawan kejahatan Pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang rencananya pada Desember 2020.

Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah juga akan berlangsung pilkada di Kabupaten Kotawaringin Timur yakni bupati dan wakil bupati. 

"Antisipasi tindak rawan kejahatan ini harus dilakukan dari sekarang agar personil selalu siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi," kata Direktur Samapta Polda Kalimantan Tengah Kombes Polisi Susilo Wardono melalui wakilnya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Senin 6 Juli 2020.

Pelatihan ini dilakukan untuk selalu menjaga kesiapsiagaan anggota dalam mengatasi situasi yang mungkin saja terjadi pada saat melakukan tugas negara selain mengamankan kedatangan presiden republik Indonesia yang belum bisa dipastikan kedatangannya.

"Saya berharap, dengan pelatihan ini bekal yang dimiliki anggota semakin matang dalam melaksanakan tugas Kamtibmas agar Kalimantan Tengah tetap aman dan kondusif walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19," demikian Timbul. (PARLIN TAMBUNAN/m)

Berita Terbaru