Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkah di Tengah Wabah: Berkongsi Memproduksi Bakso Aci Khas Kalimantan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Juli 2020 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyak usaha yang mengalami kesulitan di tengah musibah yang melanda Indonesia, wabah Covid-19. Namun ada juga yang mengambil hikmah dari wabah ini dan menjadikannya peluang untuk menjadi maju. Salah satunya yang dilakukan sekelompok anak muda Palangka Raya. Mereka berkumpul dalam sebuah kelompok dan menamai usahanya Dapoer Ayse.

"Barusan 1 Juni 2020 kemarin, waktu mulai New Normal kami mulai memproduksi bakso aci ini. Tapi sebelumnya kami juga menjual produk lain seperti brownis melt dan lainnya. Hanya untuk bakso aci khas Kalimantan ini yang baru mulai," kata Arrizka Annuri, Pemilik Dapoer Ayse kepada Borneonews pada Senin, 6 Juni 2020.

Ternyata, lanjut Arrizka, peminat untuk bakso aci khas Kalimantan ini cukup banyak. Buktinya, sejak launching pada 1 Juni lalu hingga sekarang, dirinya sudah berhasil memasarkan hingga 3.000 kemasan.

"Sejak tanggal 1 jJuni 2020 awal mula new normal dan sampai sekarang sudah 3.000 bungkus terpasarkan dan terkirim ke 14 kabupaten dan 3 kota. Seperti Kota Banjarbaru, Palangka Raya, Sulawesi di Palu. Juga di kabupaten kapuas, muara tewah, puruk cahu, katingan, buntok, sampit, pangkalan bun, sukamara, gunung mas dan lainnya," jelasnya.

Menurut Arrizka bersama partnernya Auliya Rahmah, yang membuat berbeda bakso aci khas Kalimantan ini dibandingkan bakso aci dari daerah lain ialah karena Dapoer Ayse menggunakan bumbu rempah yang ada di Palangka Raya.

"Bumbu dan rempahnya kami racik sendiri. Karena kebanyakan kan bakso aci itu olahan di luar pulau kalimantan khususnya kayak mereka pulau jawa, mereka paling banyak bikin bakso aci kayak gitu contohnya kayak tulang rangu. Terus kenapa sih kok orang-orang Kalimantan belum ada yang bikin bakso aci, paling ada yang jualnya aja itupun mengambil di jawa nah jadinya kami inisiatif sendiri. Perbedaannya di sini kami pake tahu asli isian, nah kalau biasanya tahu yang digunakan pada bakso aci itu tahu aci yang terbuat dari tepung kanji sendiri. Punya kami berbeda," jelas Arrizka lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru