Satu-satunya di Kalteng, Putri Daerah asal Kotawaringin Timur Lulus Akademi Militer dengan Predikat Cumlaude

  • Oleh Naco
  • 06 Juli 2020 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Putri daerah asal Kotawaringin Timur yang menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) menorehkan prestasi membanggakan untuk Kalteng. Sosok itu adalah Sermatutar Rizky Aulia Syachwani, yang lulus Akmil dengan predikat cumlaude.

Bahkan, Rizky Aulia Syachwani menjadi satu-satunya taruna asal Kalteng di angkatannya yang meraih predikat cumlaude. Totalnya ada 66 taruna/taruni yang meraih predikat cumlaude.

"Alhamdulillah bisa membawa harum nama Kotawaringin Timur dan Kalimantan Tengah. Prestasi ini berkat dukungan serta doa orangtua, keluarga, dan masyarakat," kata putri kedua pasangan Iqbal Syachwani dan Chorida itu.

Perjalanan Rizky menempuh pendidikan di dunia militer memang terbilang penuh perjuangan. Lahir dari keluarga sederhana dengan ayah yang berprofesi sebagai PNS, dan ibu seorang penjahit, dia membuktikan mampu melewati berbagai rintangan itu.

"Saya sendiri membuktikan mengikuti tes dengan murni. Dan untuk menempuh pendidikan di Akmil itu hanya perlu ikhtiar dan doa. Semua ada peluangnya. Kalau berusaha kita pasti bisa," kata alumnus SMAN Negeri 1 Sampit itu.

Berbagai prestasi memang kerap diraih Rizky Aulia Syachwani semenjak mengenyam pendidikan di bangku SMP dan SMA. Dia juga pernah menyandang sebagai Putri Pariwisata Kotim.

Ketertarikannya dalam dunia militer muncul ketika di bangku SMA. Dia bahkan pernah merasakan kegagalan untuk mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian. 

Tapi berkat tekad yang kuat, Rizky Aulia Syachwani mampu merealisasikan mimpinya itu untuk mengabdikan diri kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Alhamdulillah ini semua berkat doa dan dukungan banyak pihak. Terima kasih kepada kedua orangtua saya," pungkas perempuan kelahiran 26 Juni 1996 itu. (NACO/B-11)

Berita Terbaru