Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Surat Benny Tjokro: Semua Investasi Hanson Ikuti Pemerintah

  • Oleh Teras.id
  • 07 Juli 2020 - 11:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro, menuliskan selembar surat berisi curahan hatinya tentang pelbagai mimpi dan proyek-proyek yang dia kerjakan sebelum mendekam di hotel prodeo.

Dalam tulisan tangan yang ditorehkan di lembar kertas putih bergaris, Benny Tjokro bercerita bahwa mulanya, ia belajar berkarier sebagai pengembang dari sang ayah, Handoko Tjokrosaputro.

“Kuncinya adalah membangun nilai tambah. Bagaimana mengubah batu menjadi besi, besi menjadi emas, dan seterusnya,” tutur Benny dalam potret surat yang diterima Tempo pada Senin, 6 Juli 2020.

Benny Tjokro melanjutkan, pada saat memilih lahan pun, dia menyebut mesti menganalisis lokasi yang dapat didongkrak nilai tambahnya.

Karena itulah, sedari 20 tahun lalu, Direktur PT Hanson Internasional itu mengakui mengutamakan memilih tanah di dekat stasiun kereta api untuk membangun proyek. Alasannya, menurut Benny, cukup sederhana: “semua kota besar memakai kereta api untuk transportasi warganya."

Dia mengatakan memiliki mimpi untuk membangun kota tempat orang-orang mendapatkan kehidupan lebih baik di dekat simpul transportasi itu.

Benny mengklaim, hal ini pernah ia ceritakan kepada Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata. Dia juga mengaku terinspirasi oleh pemilik Ciputra Gorup, mendiang Ciputra.

Dari mimpinya itu, setiap bertemu dengan investor maupun pihak pemerintahan, Benny berkisah acap mengatakan Indonesia bisa seperti negara lain, layaknya Jepang, Korea, dan Cina, untuk hal membangun kota.

Di sisi lain, terkait proyek-proyeknya, Benny mengatakan selalu mengikuti pemerintah. “Semua proyek Hanson (perusahaan yang ia pimpIn) mengikuti program pemerintah: kota baru, program sejuta rumah, dan kota kreatif,” ucapnya.

Benny Tjokro juga menyebut bahwa grupnya 100 persen pun hanya berinvestasi di Indonesia. Sedangkan 90 persen di antaranya difokuskan untuk mengembangkan kota baru tersebut.

Berita Terbaru