Disiplin Protokol Kesehatan Kunci Sukses Pelaksanaan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 07 Juli 2020 - 12:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra mengatakan disiplin penerapan dan ketaatan terhadap protokol kesehatan adalah kunci sukses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember 2020.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini sudah on going atau running secara nasional. Pada pilkada Kalteng nanti, KPU tingkat provinsi maupun tingkat Kota mulai menjajaki satu per satu tahapan dan persiapannya.

“Harapan kami untuk pelaksanaan pilkada yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini agar bisa memperhatikan dan memperketat protokol keamanan kesehatan baik kepada penyelenggara, peserta pilkada, petugas keamanan dan para pemilih," ungkapnya, Selasa 7 Juli 2020.

Politisi Partai NasDem ini menuturkan persoalan yang harus disiapkan oleh penyelenggara pemilu saat ini adalah operasionalisasi dari pelaksanaan pilkada yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal ini memerlukan kedisipilan dari seluruh elemen masyarakat, sehingga kesuksesan pilkada ini tak hanya menjadi ranahnya penyelenggara pilkada, tapi juga menjadi ranah dari pesta demokrasi masyarakat.

“Alat-alat dukungan bantuan kesehatan yang sudah disiapkan, jadi untuk prinsip penerapan protokol Covid-19 ini harus jelas, tinggal tantangannya adalah operasionalisasinya,” tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru