Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 SOPD di Kotawaringin Timur Dinilai Lemah Dalam Menjaga Aset Daerah

  • Oleh Naco
  • 07 Juli 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bima Santoso menekankan pengelolaan dan pencatatan aset milik pemerintah daerah. Sepeti halnya  pengadminitrasian dan pengamanan tanah.

Pasalnya, dia mengatakan masih melihat kelemahan di 2 SOPD. Yakni Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman.

“Kami memberikan catatan khusus untuk 2 SOPD itu. Harus tertib dalam mengamankan dan menjaga aset pemerintah terkhusus dalam bentuk tanah,” kata Bima Santoso, Selasa, 7 Juli 2020.

Bima mencontohkan dampak lemahnya pengamanan aset pemerintah salah satunya seperti kasus tumpang tindih lahan di areal kuburan umum lintas agama di Jalan Jenderal Sudirman km 6. 

Seandainya pelaksanaan penataan aset itu dilakukan sejak awal oleh pemerintah, maka tidak mungkin di lokasi yang ditetapkan berdasarkan SK Bupati Kotim tahun 1991 itu bisa berdiri kawasan perumahan penduduk. 

Parahnya lagi, perumahan itu dibangun pengembang yang sejatinya mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat.

“Kasus ini hanya sebagian kecil mungkin ada kasus lain serupa karena kurangnya ketertiban terhadap aset itu," ucapnya.

Bima mendorong agar pemerintah kabupaten menyikapi serius untuk aset-aset bermasalah. Pemerintah setempat wajib memertahankannya supaya tidak sampai jatuh ke tangan pihak yang ingin menguasainya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru