Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Gelar Rakordal Pertama Secara Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Juli 2020 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) gelar raat koordinasi pengendalian (Rakordal) kegiatan pembangunan triwulan II daerah ini, secara tatap muka ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Rapat ini pertama dilakukan secara tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Selasa, 07 Juli 2020. 

Kegiatan tersebut juga sebagai upaya implementasi protokol kesehatan, dalam melaksanakan kegiatan pertemuan tatap muka di era tatanan normal baru yang akan diterapkan secara bertahap. 

"New normal sendiri memang belum diterapkan di Kotim. Namun secara bertahap hal itu dilaksanakan, demi kelancaran roda pemerintahan Kotim," kata Taufiq. 

Rakordal sendiri dilaksanakan karena merupakan amanat peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2006, tentang tata cara pengendalian dan evaluasi pembangunan dan Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 86 Tahun 2017.

Dalam sambutannya, Taufiq juga mengungkapkan bahwa selama triwulan II pemerintah lebih fokus dalam penanganan Covid-19. Diantaranya kebijakan anggaran sebagaimana peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang refokusing kegiatan, relokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa. 

"Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka penanganan Covid-19 dan Peraturan Mendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah," kata Taufiq. 

Karena hal itu, alokasi anggaran yang sudah ditetapkan pada murni 2020 banyak mengalami pemangkasan. Halnitu tentunya dengan harapan wabah Covid-19 bisa diatasi, dan tidak banyak masyarakat yang terjangkit. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru