Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Arut Meluap, Tumpukan Sampah Meningkat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Juli 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mengakibatkan sungai Arut meluap dan sampah menumpuk di pinggiran sungai.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun DLH Kobar M Robianoor, melakukan monitoring penumpukan sampah di Sungai Arut, di Kelurahan Mendawai dan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Selasa, 7 Juli 2020.

"Saat ini air sungai pasang, air dari hulu turun dam membawa sampah dan masuk ke kolong - kolong pemukiman warga yang ada di pinggir DAS Sungai Arut," ujarnya.

M Robianoor mengungkapkan, kondisi seperti ini merupakan musiman dan hampir setiap tahun terjadi. Sehingga pihaknya melakukan monitoring dan akan mengambil langkah

"Namun saat kami monitoring ada satu rumah atau lanting yang menghalangi arus, sehingga menghambat sampah dan terjadi penumpukan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya melakukan monitoring menggunakan dua kapal jenis kelotok atau getek. Satu berukuran besar dan satu berkukuran kecil.

"Kelotok kecil ini kita gunakan untuk menyusur sungai Buun dan kelotok besar untuk menyusur sungai Arut," katanya.

Direncanakan, dalam minggu ini, sampah - sampah akan dikumpulkan dan diangkut untuk dibawa ke TPA.

"Kami berharap kerjasama masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, agar tidak terjadi hal demikian," tandasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru