Gugus Tugas Covid-19 Murung Raya akan Razia Penggunaan Masker

  • Oleh Trisno
  • 07 Juli 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura) akan mengambil langkah lebih tegas dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat untuk menaati protokol kesehatan di antaranya soal penggunaan masker.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kariadi, S.Sos menyampaikan, pihaknya akan bekerja sama dengan jajaran Polres dan Pol PP untuk melakukan razia dan penertiban penggunaan masker di masyarakat.

Langkah tegas tersebut harus dilakukan mengingat tingkat disiplin masyarakat untuk menggunakan masker saat ini masih belum maksimal.

Masih banyak masyarakat yang mengabaikan protocol kesehatan tersebut dan sering dijumpai di ppusat pusat keramaian, seperti pasar dan fasilitas umum lainnya.

Sehingga nantinya razia akan dilakukan, dan setiap wwarga yang kedapatan tidak menggunakan masker akan diminta untuk pulag ke rumah dan keluar rumah harus menggunakan  masker.

Namun tentu jelas Kariadi hal itu dilakukan bukan ingin menakuti masyarakat, namun upaya untuk melindungi masyarakat dari potensi terpapar Covid-19 yang saat ini kasusnya di Mura terus meningkat.

“Langkah ini harus difahami bersama sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk melindungi masyarakat dari terpapar Covid-19, kalau masyarakat disiplin terhadap protocol kesehatan, tentu penyebaran covid di Mura bisa segera teratasi” jelas Kariadi, saat menyampaikan keterangan pers ketika konrensi pers, Senin, 6 Juli 2020.

Kariadi menjelaskan, tanpa kesadaran yang tinggi dari masyarakat adalah factor penting dalam memutus mata rantai penyebaran covid di Mura.

Sementara itu, Reno warga Puruk Cahu, ketika dibincangi Ppost, Selasa kemarin mengatakan bahwa dirinya setuju dengan langkah tegas Pemerintah untuk menegaskan penggunaan masker di masyarakat.

Karena dirinya melihat selama ini, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker mulai menurun. “ saya setuju sebagai masyarakat, Pemerintah memang harus tegas terhadap oknum warga yang mengabaikan protocol kesehatan dan tidak menghargai perjuangan yang selama ini dilakuka  baik oleh Pemerintah dan semua pihak yang terlibat” katanya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru