Jalan Menuju Talingke Katingan Masih Putus

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Juli 2020 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas jalan menuju Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan Kabupaten Katingan hingga Selasa, 7 Juli 2020 masih putus akibat luapan air Sungai Katingan.

Namun ketinggian air yang meremdam jalan sepanjang sekitar 600 meter itu kini berangsur surut dibanding kemarin.

Banjir yang menggenangi ruas jalan menuju Talingke ini sebelumnya sempat beberapa hari kering dan bisa dilewati berbagai jenis kendaraan.

Namun kemudian seiring curah hujan yang kembali meninggi mengakibatkan ruas jalan itu kembali terendam seperti sebelumnya.

Guna mengantisipasi ruas jalan yang kerap kebanjiran ini, pihak Desa Talingke sebetulnya sudah berupaya melakukan langkah-langkah termasuk menganggarkan dana melalui dana desa untuk penimbunan ruas jalan yang menjadi langganan banjir ini.

Saat ini pihak ketiga masih memasang kayu siring di tepi kanan dan kiri badan jalan yang terendam. Berikutnya sambil menunggu air surut dilakuksn penimbunan.

Kepala Desa Talingke, Imong H Manaf mengatakan, peninbunan ruas jalan tersebut dianggarkan melalui dana desa.

Ia berharap pekerjaan penimbunan yang bakal dilakukan dalam waktu tidak lama lagi bisa berjalan dengan lancar.

Dari pantauan, saat ini masyarakat Desa Talingke yang hendak keluar masuk desa terpaksa menggunakan jasa kelotok atau ces modifikasi guna menyeberangi ruas jalan terendam. "Kalau dalam tiga hari kedepan air Sungai Katingan surut, maka jalan itu sudah bisa dilalui kendaraan, tapi kalau sekarang masih terendam," kata Ijul warga Talingke.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru