Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pabung Gunung Mas Siap Bantu Pemkab Atasi Penanganan Covid-19 dan Karhutla

  • Oleh Hendra
  • 08 Juli 2020 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Perwira penghubung atau Pabung Kodim 1016 Palangka Raya di Kabupaten Gunung Mas, Kapten Inf M Ayyuf menyatakan siap membantu pemerintah kabupaten setempat  untuk mengatasi penanganan Covid-19 dan Karhutla.

Hal itu disampaikan Pabung saat menghadiri rakor bersama seluruh Forkopimda dengan agenda mengevaluasi pelaksanaan posko penanganan covid-19 dan persiapan penanganan Karhutla di Gunung Mas, Selasa, 7 Juli 2020.

Rakor yang dipimpin Bupati Gunug Mas Jaya S Monong itu untuk mencari solusi bersama seluruh Forkopimda dan Dinas terkait, sehingga dapat memutuskan suatu tindakan yang akan diambil dalam penanganan covid-19 dan persiapan penanganan Karhutla.

Jaya S Monong mengatakan kesimpulan dari rakor tersebut, yakni posko penanganan covid-19 yang dibangun di tiga titik di dalam Kota Kuala Kurun, khususnya di pasar lama, pasar baru dan taman kota akan dioprasionalkan mulai besok.

Dia meminta kepada semua pihak untuk mempersiapkan berbagai hal, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan besok sudah siap dan dapat mejalankan tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab. 

"Seluruh personel yang bertugas di posko besok akan dibekali pemahaman dengan penanganan covid-19 supaya nantinya mereka bisa mensosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol pencegahan covid-19," katanya. 

Terkait penanganan karhutla, lanjutnya telah disepakati untuk segera mengaktifkan posko karhutla dengan dilengkapi sarana prasarana penunjang yang memadai. 

Pihaknya juga akan membuat rencana detail terkait pelaksanaan kearifan lokal dalam pencegahan karhutla. Pasalnya, Raperda tentang kearifan lokal juga sudah di setujui oleh DPRD Provinsi Kalteng. 

"Nantinya hal itu akan menjadi dasar acuan kita, supaya bisa menerangkan kearifan lokal di kabupaten Gumas, sehingga ke kedepan kearifan lokal yang kita rencanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kapten Inf M. Ayyuf mengatakan, TNI siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam penanganan Covid-19 dan persiapan Penanganan Karhutla. 

Berita Terbaru