Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapid Test Massal di Lamandau Diikuti 500 Orang, Ini Hasilnya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Juli 2020 - 21:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah daerah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau melakukan rapid test massal dalam tiga hari terakhir yang dipusatkan di Pasar Tradisional Sayur dan Ikan (SAIK) Nanga Bulik. 

Rapid test massal dengan fokus target para pedagang, juru parkir hingga pengunjung pasar tersebut telah dimulai sejak hari Minggu 5 Juli 2020 lalu dan berakhir hari ini, Selasa 7 Juli 2020, dengan alat rapid test yang disiapkn sebanyak 500 buah. 

Tak hanya melakukan rapid test di pasar tradisional, rapid test massal yang melibatkan 12 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan dan RSUD Lamandau itu juga dilakukan dengan menyasar pusat perbelanjaan seperti mini market yang ada di perkotaan. 

"Dari alat rapid test yang kita siapkan sebanyak 500 buah semuanya telah terpakai, Alhamdullah rapid test massal yang kita canangkan mendapat respon positif yang dibuktikan dengan antusiasme yang tinggi," kata Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lamandau saat dikonfirmasi Selasa malam. 

Hendra menyebut, dari 500 rapid test 499 orang warga terkonfirmasi non reaktif, sedangkan satu orang warga yang merupakan pengunjung pasar terkonfirmasi reaktif.

"Dari 500 (rapid test) satu orang yang terkonfirmasi reaktif, ia adalah pengunjung pasar yang juga merupakan salah satu karyawan perusahaan besar swasta (perkebunan kelapa sawit)," kata Hendra.

Warga yang hasil rapid test-nya terkonfirmasi reaktif telah kita beri penanganan khusus termasuk diambil langkah pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. 

"Yang bersangkutan (warga yang terkonfirmasi reaktif) tidak memiliki gejala (Covid-19) sehingga kita sarankan untuk melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan petugas kesehatan. Gugus tugas juga berencana segera mengambil langkah lebih lanjut seperti swab test," kata Hendra. 

saat ini Lamandau tercatat tidak memiliki pasien dengan kategori positif Covid-19. Adapun dari 18 kasus positif sebelumnya 1 orang meninggal dunia dan 17 pasien lainnya telah dinyatakan sembuh. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru