Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUA Kapuas Murung Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja Penyuluh Agama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juli 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kapuas Murung telah menggelar rapat koordinasi dan evaluasi terhadap kinerja penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS serta memberikan sosialisasi perihal Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 15 dan nomor 18 Tahun 2020.

Kepala KUA Kecamatan Kapuas Murung, H Nabchan mengatakan bahwa ada 12 penyuluh agama Non PNS yang tersebar di wilayah binaan masing-masing. Kinerja mereka perlu untuk di evaluasi, karena tugas penyuluh di masa pandemi sangat dibutuhkan terutama meneruskan informasi terkait kebijakan-kebijakan Kementerian Agama.

“Tujuan kami menggelar rapat evaluasi kinerja penyuluh ini untuk melihat sejauh mana keaktifan seorang penyuluh agama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyuluh maupun dalam pembuatan laporannya," kata Nabchan, Rabu, 8 Juli 2020.

Nabchan berpesan kepada Para Penyuluh Non PNS agar membuat inovasi atau terobosan baru, apalagi setelah berakhirnya Pembatan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kabuapten Kapuas serta menghadapi era New Normal maka penyuluh agama dituntut sebagai agen of change, menjadi pelopor penyebar informasi keagamaan di tengah masyarakat.

“Penyuluh Agama sebagai pembimbing umat beragama dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjabarkan segala aspek pembangunan melalui pintu dan bahasa agama," pintanya.


Selain itu, lanjut Nabchan pihaknya juga menyampaikan kepada penyuluh agama agar mensosialisasikan SE Menteri Agama nomor 15 tentang Penyelenggaraan kegiatan keagaamaan di rumah ibadah dan SE nomor 18 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

"Karena ini penting diketahui oleh masyarakat, sehingga bisa diterapkan pelaksanaan nantinya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru